Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Wajib Tahu Sejarah Agama Sendiri ! Masjid Amru Bin Ash (Masjid Tertua Di Afrika) - Islamic Information

Sejarah Berdirinya Mesjid Amru Bin Ash Mesjid Pertama dan Tertua Di Tanah Afrika - Islamic Informasion

KAIRO - Assalamualaikum .. sahabat Islamic Information Semua dimana pun sahabat berada yang dimana dikesempatan yang indah di jumat yang insya allah penuh berkah ini saya akan mengupas informasi tentang sebuah mesjid yang berlokasi di Benua Afrika yang pertama sekaligus tertua Di Afrika Sana. Okee Langsung Saja Ke Pembahasan ....

Mesir adalah salah satu negeri yang penuh akan bangunan bersejarah. Dikarenkan dulu mesir adalah sebuah negara yang kuat sampai sampai bangsa mongol yang menghancurkan Khilafah Islamiyah pun berhasil di taklukan oleh nya (Bangsa Mamluk Mesir). Salah satu Peninggalan Sejarah Islam Di Afrika Mesir adalah Masjid Amru bin Ash. Perlu Diketahui Jika Masjid Amru Bin Ash Inilah adalah Mesjid pertama yang berdiri di tanah Afrika. Dan Bahkan Mesjid ini sendiri langsung dibangun oleh sahabat Nabi Muhammad SAW yang juga penakluk negeri Mesir, Amru bin Ash.

Sejarah Pembangunan Mesjid Amru Bin Ash Mesir.
Masjid Amru Bin Ash yang Berlokasi di kota Kairo Mesir ini dibangun pada tahun 641 M/21 H.

Sejarah Berdirinya Mesjid Amru Bin Ash Mesjid Pertama dan Tertua Di Tanah Afrika - Islamic Informasion

Baca Juga Artikel Lainnya Yang Kami Rekomendasikan :
Keutamaan dan Khasiat Surah Al Ikhlas Informasi Islami

Inilah 9 Fadhilah Atau Manfaat Melaksanakan Sholat Fardhu Di Awal Waktu - Islamic Information
30 Jenis Kesalahan yang tidak Terasa Pada saat Melaksanakan Shalat - Islamic Information

Pada Saat Pembangunan Mesjid ini sendiri tak sedikit para sahabat dan tabi` in yang ikut membantu membangun mesjid ini, Bahkan pada saat menentukan arah kiblat, Ada Sekitar 80 Sahabat Nabi yang menentukan arah kiblat, yakni 
Zubair Bin Awam, alMiqdad, Ubadah Bin Shamat, Abu Darda, dan yang lainnya. 

Ukuran Mesjid Amru Bin Ash ini Sendiri Berbentuk memanjang, dengan panjang 28,9 meter, dan lebar sisinya 17,4 meter, Dindingnya yang kokoh terbuat dari batu bata, dan atapnya terbuat dari pelepah pohon kurma, dan untuk tiang tiangnya sendiri terbuat dari batang batang pohoh Kurma. Mesjid ini sendiri memiliki 6 pintu.

Sebagai Informasi Tambahan Mesjid Amru Bin Ash ini sendiri telah beberapa Kali Mengalami Renovasi dan diperluas. Diantaranya pada Masa Pangeran Maslamah bin Mukhallad Al-Anshori pada tahun 53 Hijriyah (672 M) yang lalu di ikuti juga oleh Pangeran Abdul Aziz bin Marwan (Gubernur Mesir ketika itu ) tahun 79 Hijriyah (698 M).

Pada masa pemerintahan Khalifah Abdul Malik bin Marwan, masjid itu di perbesar oleh Abdul Malik bin Thahir. Kini, panjang Mesjid Amru mencapai 120 meter, dan lebarnya 100 meter. Masjid itu juga pernah diperbaiki oleh Sultan Shalahuddin al-Ayubi pada tahun 568 H/1172 M.
Masjid Amru begitu banyak mendapat perhatian dari kalangan pemerintah, dari masa pemerintahan Khulafau Rasyidin, Dinasti Umayyah, Dinasti Abbasiyah, Dinasti Ayubiyyah, Dinasti Mamalik, sampai Dinasti Usmaniyah. Masjid Amru Bin Ash bukan hanya tempat untuk shalat, tetapi juga menjadi pusat pendidikan Islam pertama di benua Afrika. Imam Syafii juga pernah mengajar di masjid itu. Hal itu menunjukan bahwa masjid Amru bin Ash telah menelurkan sarjana-sajana Muslim yang andal.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Wajib Tahu Sejarah Agama Sendiri ! Masjid Amru Bin Ash (Masjid Tertua Di Afrika) - Islamic Information di blog Islamic Information jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com